image.jpg

Derginin Adı: quantum, jurnal inovasi pendidikan sains
Cilt: 2014/5
Sayı: 1
Makale Başlık: MENINGKATKAN KETERAMPILAN ILMIAH SAINS MELALUI KEGIATAN ONE DAY ADVENTURE PADA MATERI TUMBUHAN HIJAU DI KELAS V SDN JURUBANU
Makale Alternatif Dilde Başlık: Alternatif dilde başlık bulunmamaktadır. There is no article title in another language.)
Makale Eklenme Tarihi: 21.12.2017
Okunma Sayısı: 1
Makale Özeti: Metode One Day Adventure adalah sebuah metode belajar yang dikembangkan dari pendekatan kooperatif tipe penyelidikan kelompok (Group Investigation). Penelitian ini tentang penerapan metode One Day Adventure di SDN Juru Banu pada mata pelajaran Sains. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan ilmiah siswa, meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada materi tumbuhan hijau. Keterampilan ilmiah yang menjadi tujuan utama pada penelitian ini adalah keterampilan mangamati, bertanya, membuat hipotesis, melakukan pengamatan, menginterpretasikan dan mengkomunikasikan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN Juru Banu yang berjumlah 14 orang. Rancangan penelitian terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan keterampilan ilmiah siswa dalam setiap pertemuan, dan keterampilan yang paling berkembang adalah keterampilan melakukan pengamatan. (2) kualitas aktivitas guru meningkat dari 41,5 kategori sangat kurang pada siklus 1 pertemuan 1 menjadi 65 kategori cukup aktif pada siklus 2 pertemuan 2, dan (3) terjadi peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklus, siklus 1 pertemuan 1 mendapat skor rata-rata 54,1 kategori kurang aktif sedangkan pada siklus 2 pertemuan 2 meningkat menjadi 73,0 kategori baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa metode One Day Adventure dapat meningkatkan keterampilan ilmiah, aktifitas guru dan aktifitas siswa SD Negeri Juru Banu.
Alternatif Dilde Özet: Alternatif dilde abstract bulunmamaktadır. (There is no abstract in another language.)

PDF Formatında İndir

Download PDF