image.jpg

Derginin Adı: quantum, jurnal inovasi pendidikan sains
Cilt: 2014/5
Sayı: 1
Makale Başlık: MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII B SMPN 3 PARINGIN PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN WHOLE BRAIN TEACHING (WBT) MELALUI METODE EKSPERIMEN
Makale Alternatif Dilde Başlık: Alternatif dilde başlık bulunmamaktadır. There is no article title in another language.)
Makale Eklenme Tarihi: 21.12.2017
Okunma Sayısı: 1
Makale Özeti: Telah dilakukan penelitian tentang meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui pendekatan Whole Brain Teaching (WBT) pada materi sistem gerak pada manusia melalui metode eksperimen. Penerapan pendekatan WBT melalui metode eksperimen diharapkan dapat berdampak positif pada konstruksi pengetahuan siswa dan keterampilan proses sains siswa dalam proses pembelajaran IPA khususnya pada materi sistem gerak manusia sehingga mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan pendekatan WBT melalui metode eksperimen pada materi sistem gerak manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Paringin pada kelas VIII B yang terdiri 18 orang siswa pada semester satu tahun ajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi keterampilan proses sains dan tes hasil belajar. Teknik analisis data secara kualitatif berdasarkan analisis deskriptif peningkatan dari siklus satu ke siklus dua. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) keterampilan proses siswa siswa meningkat dari kategori rendah menjadi tinggi. (2) hasil belajar siswa meningkat dari 44,44% menjadi 88,89%. Dengan demikian penerapan pendekatan WBT dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Alternatif Dilde Özet: Alternatif dilde abstract bulunmamaktadır. (There is no abstract in another language.)

PDF Formatında İndir

Download PDF