image.jpg

Derginin Adı: quantum, jurnal inovasi pendidikan sains
Cilt: 2014/5
Sayı: 1
Makale Başlık: MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH TENTANG PENGOLAHAN SAMPAH MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK NEGERI I TANJUNG
Makale Alternatif Dilde Başlık: Alternatif dilde başlık bulunmamaktadır. There is no article title in another language.)
Makale Eklenme Tarihi: 21.12.2017
Okunma Sayısı: 0
Makale Özeti: Penelitian ini dilatarbelakangi dari tiga hal, penyampaian bahan ajar IPA cenderung lebih diarahkan pada pemberian informasi atau bercerita konsep sesuai literature, sehingga siswa kurang dilibatkan selama kegiatan pembelajaran. Hal ini minat dan motivasi siswa untuk belajar IPA menjadi berkurang. Kedua, ketuntasan klasikal masih dibawah standar , hal ini disebabkan kurang pahamnya konsep yang disampaikan. Ketiga, siswa kurang diberikan permasalahan yang ada dilingkungan sekitarnya sehingga siswa kurang peduli terhadap lingkungan yang kotor. Ada 3 rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu : bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, meningkatkan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran pada kompetensi mengolah sampah. Dengan menggunakan model Problem Based Learning Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan hasil belajar serta mengeetahui respon siswa kelas XI Akuntasi 2 SMK Negeri I Tanjung pada kompetensi pengolahan sampah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat hal ini dapat dilihat dari pemahaman siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II, meningkatnya kemampuan memecahkan masalah dari kategori cukup di siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II, ketrampilan social mengalami peningkatan dari kategori cukup pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II, ketrampilan unjuk kerja meningkat dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II, model pembelajaran Problem Based Learning mendapat respon yang sangat positif dari siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri I Tanjung.
Alternatif Dilde Özet: Alternatif dilde abstract bulunmamaktadır. (There is no abstract in another language.)

PDF Formatında İndir

Download PDF