image.jpg

Derginin Adı: quantum, jurnal inovasi pendidikan sains
Cilt: 2014/5
Sayı: 1
Makale Başlık: MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIS DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MODELING TERHADAP GURU MATA PELAJARAN KIMIA PADA SEKOLAH BINAAN
Makale Alternatif Dilde Başlık: Alternatif dilde başlık bulunmamaktadır. There is no article title in another language.)
Makale Eklenme Tarihi: 21.12.2017
Okunma Sayısı: 1
Makale Özeti: Kemampuan guru dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis pendekatan modeling dan mengimplementasikan perangkat dalam proses pembelajaran merupakan komponen kinerja guru yang merupakan tujuan penelitian sehingga dengan meningkatnya kinerja guru diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada kelas XI IPA SMAN 2 Dusun Tengah dan SMAN 1 Awang Lapai. Penelitian ini menggunakan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru kimia kelas XI IPA SMAN 2 Dusun Tengah dan SMAN 1 Awang Lapai. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru kimia kelas XI IPA SMAN 2 Dusun Tengah dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis pendekatan modeling sebesar 58 % pada siklus I menjadi 86,5 % pada siklus II dan pada SMAN 1 Awang Lapai sebesar 64,75 % pada siklus I menjadi 86,5 % pada siklus II. Demikian halnya dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan modeling di SMAN 2 Dusun Tengah sebesar 71,5% dan sebesar 86,5 % pada siklus II.Kemampuan guru kimia kelas XI IPA SMAN 1 Awang lapai dalam mengimplementasikan perangkat dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 67,5 % pada siklus I menjadi 86 % pada sikus II. Pada pembelajaran dengan pendekatan modeling siswa dan guru mempunyai respon yang positif, terlihat keantusiasan dalam proses pembelajaran.
Alternatif Dilde Özet: Alternatif dilde abstract bulunmamaktadır. (There is no abstract in another language.)

PDF Formatında İndir

Download PDF